Friday 11 November 2011

CARA MENGINSTALL UBUNTU 11.10 (DUAL BOOT)

Tutorial Menginstal Ubuntu 11.10 dengan Menggunakan CD/DVD  Persiapan untuk Instalasi Sebelum mulai menginstal Ubuntu 11.10, kita sangat dianjurkan untuk membackup lebih dulu file-file penting itu kedalam media atau hardisk lain. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari risiko kehilangan data jika selama proses instalasi terjadi kesalahan karena file-file yang telah dihapus saat instalasi tidak dapat dikembalikan lagi. Langkah-langkah untuk menginstal Ubuntu 11.10 dengan menggunakan CD/DVD 1. Download Ubuntu 11.10 file ISO 2. Membuat bootable media CD/DVD Buatlah bootable CD/DVD dari file ISO yang baru saja di download tadi. Jika kita ingin membuat bootable CD/DVD, maka kita perlu membakar ISO image ke CD/DVD. Masukkan CD ke CD Room, klik kanan pada file ISO dan pilih terbakar ISO ini, pilih burn to disc. Dan akhirnya kita akan mendapatkan CD/DVD bootable. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:
Kemudian akan muncul tampilan berikut:
Selesailah proses burningnya. 3. Untuk memulai proses insalasi, masukkan CD/DVD lalu Restrart PC. Maka system akan masuk ke boot CD/DVD yang kita masukkan (dengan catatan BIOS kita sudah disetting CD/DVD sebagai first boot). Maka akan muncul tampilan gambar berikut:
4. Selanjutnya pilih install ubuntu 5. Kemudian akan tampak tampilan seperti dibawah ini.
Untuk menginstall third party software centang pada kotak yang tersedia, jika tidak lewati dan klik continue. 6. selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah, yaitu kita dapat memilih boot yang akan kita gunakan. Jika ingin memilih dual boot, maka pilih something else dan klik continue.
7. Tahap installation tipe, kita melakukan partisi hardisk pada tahap ini. pada saat partisi, akan muncul tampilan berikut:
• pertama, kami memartisi swap area, partisi yang dianjurkan adalah dua kali kapasitas RAM. Disini kami memberikan partisi sebesar 2GB atau 2000 kb.
• Kedua kami memartisi ext4 (pada bagian mount point pilih “/” atau root), kami memberi kapasitas sebesar 10 GB atau 10.000 kb. • Setelah proses partisi selesai pilih install now untuk memulai proses instalasi ubuntu 11.10. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
• Klik pada peta/lokasi Jakarta yang menunjukkan dimana letak ibukota Negara kita. Kemudian pilih continue.
• Muncul tampilan seperti diatas, pada tahap ini kita bisa memilih bahasa untuk ubuntu kita. Dan klik continue.
• Pada layar diatas, kita dapat mengisi identitas sebagai berikut: nama pengguna  nama computer  user name  password  kemudian jika kita ingin setiap log in dimintai password, maka pilih pada pilihan “Require my password to log in”, jika tidak kita dapat memilih “log in automatically”. Lalu klik Continue. • Kemudian akan tampak seperti tampilan dibawah. Kita dapat memilih sebuah gambar untuk mengidentfikasi kita saat log in.
• lalu akan muncul tampilan proses instalasi. Berikut tampilan proses instalasinya hingga proses akhir.
• jika proses tersebut sudah selesai, maka akan muncul tapilan di bawah ini. Kemudian restart computer dengan memilih restart now.
Saat proses restart, CD/DVD akan keluar dari CD Room sebagai tanda proses instalasi telah selesai. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah.
• tekan enter untuk masuk grub seperti gambar dibawah.
• tahap ini kita diminta memasukkan password untuk “log in”.
• Saat kita masuk ubuntu, kita sudah dapat mengatur tampilan desktop, tema, effect dan sebagainya seperti gambar dibawah ini.
• Linux Ubuntu 11.10 siap digunakan, seperti tampilan dibawah ini.
SELAMAT MENCOBA!

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes